6.02.2011

Ada 50 Miliar Planet di Galaksi Bima Sakti

Gambar: USA Today
WASHINGTON - Sebuah sensus mengenai kosmik yang dilakukan untuk pertama kalinya mengungkap bahwa setidaknya ada sekira 50 miliar planet di galaksi Bima Sakti. 
Daily Mail melaporkan kalau 500 juta planet yang berada di dalamnya tersebut berada di zona Goldilocks, wilayah yang diduga temperaturnya tidak terlalu panas dan terlalu dingin, dan kehidupan memungkinkan terjadi di sana. Demikian seperti yang dikutip dari Deccan Herald, Senin (21/2/2011).

Jumlah ini didapat dari hasil penelitian teleskop Kepler milik NASA selama 3,5 tahun, yang menghabiskan dana sebesar USD600 juta.

William Borucki, pimpinan ilmuwan di Kepler mengatakan kalau para ilmuwan mengambil jumlah planet yang mereka temukan pada tahun pertama penelitian, lalu membuat estimasi mengenai bintang-bintang yang memiliki planet. Teleskop Kepler menandakan planet tersebut ketika mereka melewati jarak antara Bumi dan bintang di mana mereka mengorbit.

Sejauh ini teleskop Kepler telah menemukan 1,235 kandidat planet, dengan 54 planet yang berada di wilayah Goldlicks, wilayah di mana terjadinya kehidupan sangat memungkinkan.

Tujuan utama dari misi ini bukanlah untuk meneliti planet tersebut satu-persatu, namun untuk memberikan informasi kepada para ahli astronomi mengenai jumlah planet, yang memungkinkan untuk ditinggali, yang ada di galaksi kita.

Borucki beserta para koleganya memperkirakan kalau satu dari dua bintang memiliki planet dan satu dari 200 planet berada di zona yang bisa ditinggali. Mereka mengumumkan hasil penelitian ini di acara konferensi tahunan American Association for the Advancement of Science di Washington.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan memperkirakan bahwa ada 100 miliar bintang di galaksi Bima Sakti, tapi tahun lalu ilmuwan dari Yale University memperkirakan bahwa jumlahnya bisa sebesar 300 juta, dan itu hanya dari galaksi Bima Sakti saja. Para ilmuwan memperkirakan kalau ada 100 miliar galaksi di jagat raya ini.

Borucki mengatakan kalau perhitungan ini akan menambah pertanyaan mengenai apakah ada kehidupan lain di luar planet Bumi.
(srn)

terimakasih telah membaca, dengan membaca kita jadi lebih tahu

0 komentar:

Posting Komentar